Biografi Shah Rukh Khan

Shah Rukh Khan lahir di Delhi pada 2 November 1965 dari Taj Mohammed Khan, seorang pejuang kebebasan dari Peshawar dan Lateefa Mohammed, dari Rawalpindi, yang merupakan anak angkat Mayor Jenderal Shah Nawaz Khan dari klan Rajput Janjua, yang menjabat sebagai umum dalam Tentara Nasional India Subash Chandra Bose. Ayah dan ibunya pindah ke India sebelum Partisi. Khan memiliki kakak Shehnaz, dikenal dengan panggilan LalaRukh.

Khan memang sekolah di St.Columbus mana ia unggul di bidang akademik, olahraga dan drama. Sementara di sini ia memenangkan Pedang Kehormatan, suatu pengakuan yang diberikan kepada siswa yang terkandung semangat sekolah. Dia melanjutkan untuk memperoleh gelar sarjana di bidang Ekonomi dari College Hansraj. Dia juga mulai keluar untuk memperoleh gelar Master di bidang Mass Communication dari Jamia Millia Islamia, sebelum terjun ke Bollywood.

Dia pindah ke Mumbai pada tahun 1991 setelah kematian orang tuanya. Ia menikahi Gauri Khan, seorang Hindu, dan mereka memiliki dua anak Aryan dan Suhana dan hidup di rumah mewah bernama Mannat di Bandra, Mumbai.

Perjalanan

Debut Khan sebagai aktor pada tahun 1988, dalam sebuah serial TV berjudul Fauji, tentang kehidupan di Angkatan Darat India, di mana ia memainkan peran Komandan Abimanyu Rai. Dia muncul di serial lain yang disebut Circus, tentang artis di sirkus, pada tahun 1989. Dia juga memainkan peran kecil dalam film TV ditulis oleh Arundhati Roy disebut In which Annie gives it to those ones.

Debut-Nya ke Bollywood adalah dengan Deewana, pada tahun 1992, yang merupakan hit instan. Penampilannya menonjol meskipun ruang layar berbagi dengan aktor dicapai seperti Rishi Kapoor dan Divya Bharati. Dia melanjutkan untuk memenangkan kategori Debut Terbaik Filmfare Awards, sebuah awal dari banyak lagi yang akan datang.

Deewana diikuti oleh Maya Memsaab yang menciptakan beberapa jumlah kontroversi ‘eksplisit’ adegan. Pada tahun 1993 ia keluar dengan dua film keduanya yang sukses dan di kedua film ia digambarkan karakter negatif, yang aktor paling atas pada saat itu dianggap agak bersifat cabul. Dalam Darr ia memainkan peran orang obsesif yang tangkai dan menggentari seorang wanita yang dicintainya. Dalam Baazigar, di mana ia dilemparkan sebagai pembunuh dimotivasi oleh dendam, memenangkan kepadanya Aktor Terbaik Filmfare Award. Ia memenangkan Filmfare Critics Award untuk Best Performance untuk perannya sebagai musisi muda di Kabhie Kabhie Haan Naan.

Pada tahun 1994, kami melihatnya memenangkan Filmfare Award sebagai penjahat terbaik untuk Anjaam mana ia sekali lagi memainkan peran negatif. Pada tahun 1995, ia memainkan bagian dari Raj di salah satu blockbuster terbesar bioskop Hindi, yang masih berjalan di bioskop Mumbai, sutradara Aditya Chopra dalam Dilwale Dulhaniya Le Jayenge. Dia membawa pulang lagi Filmfare Award Aktor Terbaik. Dia tidak melihat banyak keberhasilan pada tahun 1996. Namun, mengambil berubah menjadi lebih baik pada tahun 1997, ketika Dil To Pagal Hai dirilis, sebuah film tentang cinta segitiga antara tiga penari, dan dia berjalan menjauh, lagi-lagi, dengan Penghargaan Aktor Terbaik Filmfare. Tahun yang sama ia juga dinominasikan untuk Ya Boss. debut sutradara Karan Johar dalam Kuch Kuch Hota Hai pada tahun 1998 mendapat tanggapan penonton besar dan memenangkan Aktor Terbaik Filmfare Award. Penampilannya di Mani Rathnam’s Dil Se, yang berkisar terorisme, juga kritis diakui.

Pada pergantian abad, ia melihat rilis sukses di Mohabbatein, di mana dia bekerja bersama Amitabh Bacchan dan Josh dengan Aishwarya Rai. Ia memenangkan Filmfare Critics Award untuk Kinerja Terbaik untuk Mohabbatein. Ia, bersama dengan Juhi Chawla, memulai produksi perusahaan mereka Dreamz Unlimited dan diproduksi dan membintangi Phir Bhi Dil Hai Hindustani, yang tidak berjalan dengan baik. Film epik Asoka, di mana ia memainkan Kaisar Asoka dan multi-Kabhie Khushi Kabhie Gham starrer, membuat tanda mereka pada tahun 2001. Dia berperan sebagai kekasih Devdas tragis, di remake Sanjay Leela Bhansali tentang memenangkan penghargaan Devdas, pada tahun 2002. Ini memenangi Filmfare Award Aktor Terbaik. Pada tahun 2003, ia menerima nominasi untuk penampilannya dalam Kal Ho Na Ho dan rumah produksi nya melihat hal itu sukses pertama di Chalte Chalte.

kedua rumah produksi Nya, Red Chillies entertainment, melihat cahaya pada tahun 2004 dan itu debut pertama rilis Farah Khan Main Hoon Na, adalah salah satu keberhasilan terbesar tahun ini, bersama film yang lain tahun yang sama, Veer-Zaara. Dia berjalan pergi dengan Penghargaan Filmfare Aktor Terbaik untuk perannya dalam film Swades meskipun dibuat hampir tidak ada riak-riak di kantor-kotak. Rilis besar lainnya dari Red Chillies entertainment di 2005 adalah Paheli di mana dia bermain sebagai hantu. Itu masuk India ke Oscar. Sebuah film dokumenter tentang Khan berjudul The Inner and Outer World of Shah Rukh Khan dihasilkan oleh Nasreen Munni Kabir di tahun 2005. Lain starrer-multi diarahkan oleh Karan Johar pada tahun 2006 adalah Kabhie Alvida Na Kehna yang membuat percikan di India dan luar negeri. Dia juga membintangi remake dari tujuh puluhan hit Don. Penghargaan Aktor Terbaik Filmfare mendarat di tangannya belum lagi pada tahun 2007 untuk perannya sebagai Kabir Khan di Chak De India dimana dia adalah pelatih tim hoki sulit bagi gadis-gadis ‘. Penampilannya di film Farah Khan dalam Om Shanthi Om juga memenangi nominasi.

Khan kembali lagi di layar kecil, setelah KBC, pada tahun 2008 sebagai tuan rumah Kya Aap Paanchvi Pass Se Tez Hain, yang merupakan versi desi dari Apakah kamu lebih pintar dari siswa kelas lima? Ada film yang lebih berbaris untuk rilis di bagian akhir tahun 2008, dan 2009 seperti Billo Barber dan My Name Is Khan, karena dia tidak menunjukkan tanda-tanda melambat.

Lain layak prestasi
Khan adalah salah satu aktor Bollywood dimana hidupnya  dipatung lilin ukuran yang diciptakan dan ditampilkan di Madame Tussaud’s Museum di London. Dia telah dihormati dengan Ordre des Arts et des sastra (Ordo Seni dan Sastra) penghargaan oleh pemerintah Perancis di pengakuan untuk tanda ia telah dibuat dalam industri ini.

Sumber : http://www.chakpak.com/celebrity/shahrukh-khan/