Taylor Alison Swift (lahir 13 Desember 1989) adalah seorang penyanyi pop Amerika-penulis lagu, musisi dan aktris.

Pada tahun 2006, ia merilis debut single “Tim McGraw”, kemudian debut self-titled album nya, yang kemudian bersertifikat multi-platinum oleh Asosiasi Industri Rekaman Amerika dan dinominasikan untuk penghargaan Best New Artist di Grammy Awards ke-50. Pada bulan November 2008, Swift merilis album kedua, Fearless, dan pencatatan yang diperoleh Swift empat Grammy Awards, termasuk Album of the Year, di Grammy Awards 52. Fearless dan Taylor Swift selesai 2008 di nomor tiga dan nomor-enam masing-masing, dengan penjualan sebesar 2,1 dan 1,5 million.Fearless menduduki puncak Billboard 200 selama 11 minggu non-berturut-turut; [6] Album ada telah menghabiskan lebih banyak waktu di No 1 sejak 2000. Swift bernama Artist of the Year oleh Billboard Magazine pada tahun 2009. Swift merilis album ketiga Bicara Sekarang pada tanggal 25 Oktober 2010 yang terjual 1.047.000 kopi dalam minggu pertama.

Pada tahun 2008, album yang terjual empat juta kopi gabungan, membuatnya musisi terlaris tahun di Amerika Serikat, menurut Nielsen SoundScan. Forbes peringkat selebriti Swift 2009’s 69-paling kuat dengan laba $ 18 juta [8] dan 2010’s selebriti yang kuat 12-paling dengan pendapatan $ 45 juta. Swift adalah Artis Terbaik peringkat ke-38 pada dekade 2000-10 oleh Billboard. Pada bulan Januari 2010 Nielsen SoundScan Swift terdaftar sebagai negara yang paling sukses secara komersial (atau negara / crossover pop) artis dalam sejarah musik dengan lebih dari 33 juta track digital terjual. Pada Februari 2011 dia telah terjual lebih dari 19 juta album dan 33 juta single di seluruh dunia.

Awal mula

Swift lahir pada tanggal 13 Desember 1989 untuk Andrea Gardner (née Finlay), ibu rumah tangga, dan Scott Kingsley Swift, pialang saham. Ia dilahirkan dan dibesarkan di Wyomissing, Pennsylvania. nenek ibu nya, Majorie Finlay, adalah seorang penyanyi opera. Swift memiliki saudara yang lebih muda, Austin.

Ketika ia berada di kelas empat, dia memenangkan kontes puisi nasional dengan sebuah puisi tiga halaman berjudul “Rakasa Dalam Closet saya”. Ketika Swift adalah 10, seorang tukang reparasi komputer menunjukkan dia cara bermain tiga kord pada gitar, memicu minatnya dalam belajar instrumen. Setelah itu, ia menulis lagu pertamanya, “Lucky You” Dia mulai. Menulis lagu secara teratur dan menggunakannya sebagai tempat untuk membantunya dengan rasa sakit dia dari tidak pas di sekolah. Dia adalah seorang korban bullying, dan sering menulis lagu untuk mengungkapkan emosinya. Swift juga mulai tampil di kontes karaoke, festival, dan pameran di sekitar kota kelahirannya. Ketika dia berumur 12 tahun, dia mencurahkan seluruh musim panas untuk menulis sebuah novel 350 halaman, yang tetap tidak dipublikasikan. pertunjukan pertama utama-nya kinerja yang baik diterima di Fair Bloomsburg. Swift dihadiri Hendersonville High School tetapi kemudian belajar di rumah selama bertahun-tahun dia junior dan senior. Pada tahun 2008, ia mendapatkan ijazah sekolah tinggi.

pengaruh terbesar musik Swift adalah Shania Twain. pengaruh lain nya termasuk LeAnn Rimes, Tina Turner, Dolly Parton, dan neneknya. Meskipun neneknya adalah seorang penyanyi opera profesional, selera Swift selalu bersandar lebih ke arah musik country. Pada tahun-adiknya, ia mengembangkan cinta untuk Patsy Cline dan Dolly Parton. Dia juga kredit yang Dixie Chicks untuk menunjukkan dampak Anda dapat membuat dengan “batas-batas peregangan”.