Imran Khan (13 Januari 1983)lahir dari Anil Pal, seorang India Bengali, dan Nuzhatul Khan di Wisconsin, ayah USA. Dia bekerja sebagai konsultan di LinkedIn di Silicon Valley. Orangtuanya bercerai ketika ia berusia satu setengah tahun dan ia menggantikan nama keluarga Pal dengan Khan. Dia adalah keponakan dari aktor Aamir Khan, direktur Mansoor Khan dan cucu dari Nasir Hussain, seorang direktur terkemuka dan produser. Di India, ia belajar di Bombay Scottish School tetapi meninggalkan Skotlandia setelah bertaraf 4 dan pindah ke sekolah asrama di Ooty.

Khan tampil sebagai seorang seniman anak di tempat pamannya Aamir’s film, Qayamat Se Qayamat Tak (1988) dan Jo Jeeta Wohi Sikander (1992). Kedua kali ia memainkan peran Aamir Khan muda. Dia bercita-cita menjadi sutradara, sebagaimana yang direncanakan diawal sebelum dia masuk Bollywood sebagai seorang aktor. Khan bergabung degan Kishore Namit Kapoor’s Acting Institute di Mumbai.

Khan melakukan debut sebagai aktor utama dalam film 2008 Jaane Tu … Ya Jaane Na disutradarai oleh Abbas Tyrewala, diproduksi oleh Aamir Khan dan Mansoor Khan dan dibintangi Genelia D’Souza. Film ini mendapat sambutan hangat dari kritikus dan terbukti menjadi salah satu Biggest hits of the years.Khan itu selanjutnya dinominasikan untuk Best Male Debut di Filmfare Awards ke-54 dan menang bersama dengan Farhan Akhtar.

Film berikutnya adalah Kidnap dengan Sanjay Dutt dan Minissha Lamba, di mana ia memainkan peran negatif. Film ini gagal di box office, disebabkan oleh kritik ke arah yang buruk. Namun, kinerja Khan dihargai dan dia mendapat nominasi IIFA Award tahun 2009. Khan muncul berikutnya dalam film action, Luck dengan Shruti Haasan dan Sanjay Dutt.

Pada tahun 2010, ia muncul dalam I Hate Luv Storys, disutradarai oleh Punit Malhotra dan diproduksi oleh Karan Johar. Film ini kemudian menjadi hit di Box office. Filmnya yang dibitagi berikutya, Delhi Belly, sebuah komedi bahasa Inggris yang disutradarai oleh Abhinay Deo, dan Break Ke baad disutradarai oleh Aslam Denmark dan diproduksi oleh Kunal Kohli. Ia juga bermain cameo dalam film Telugu, Badhrinaadh.

Khan bertunangan dengan pacarnya yag dijalaninya dengan waktu panjang, Avantika Malik, pada tanggal 16 Januari 2010 di rumah pertanian keluarga Avantika di Karjat dekat Navi Mumbai. Pasangan ini menikah pada 10 Januari 2011 dengan sebuah upacara sipil di kediaman pribadi Aamir Khan di Pali Hill.